Pengertian
Bauran
Bauran pemasaran adalah unsur atau elemen internal penting
yang membentuk program pemasaran sebuah organisasi. Bauran pemasaran merupakan
salah satu konsep universal yang telah dikembangkan dalam pemasaran. (Ad.
Payne, 1995:31).
Bauran pemasaran adalah seperangkat alat pemasaran yang
dapat dikendalikan, yang terdiri dari produk, harga, distribusi, dan promosi,
yang dipadukan oleh perusahaan untuk menghasilkan respon yang diinginkan dalam
pasar sasaran (Kotler, 1997:82).
Secara sederhana, definisi bauran pemasaran adalah bagaimana
membuat produk yang tepat dan meletakkan produk tersebut di pasar yang tepat,
pada waktu yang tepat, sehingga diperlukan harga (biaya) yang tepat dan promosi
(komunikasi) yang tepat.
Secara umum, bauran pemasaran (marketing mix) selalu
diasosiasikan dengan 4P pemasaran (clasic / narrow model), kemudian 7P
pemasaran jasa (service marketing), 4C pemasaran dengan fokus pelanggan
(sudut pandang pelanggan) dan 4S pemasaran berbasis internet, hingga marketing
mix (4P) dalam holistic marketing concept.
Diantara model bauran pemasaran (marketing mix model) tersebut diatas, kita juga mengenal berbagai
model bauran pemasaran yang lain, seperti bauran pemasaran 5P, 6P, 8P, 10P dan
lain-lain.
5P
dan 7P dalam Bauran Pemasaran
5P (konvensional)
5P (konvensional) adalah taktik marketing yang dapat
di gunakan dalam kombinasi yang berbeda–beda untuk memenangkan hati klien dalam
target market perusahaan. 5P ini dapat di kontrol bergantung pada kondisi
internal dan eksternal perusahaan.
- Product (Produk )
Ada dua jenis produk umum yaitu produk barang dan produk
jasa. Produk barang adalah produk yang dapat dilihat, disentuh, disimpan, atau
singkatnya adalah yang produk yang nyata.
Produk jasa adalah produk yang tidak dapat dilihat, disentuh
maupun disimpan, tapi hanya bisa dirasakan dan dapat dinikmati pada saat kita
membelinya saja. Tapi inti persoalannya adalah kita harus memahami bahwa kita
menjual manfaat, terlepas dari jenis produk kita apakah barang fisik
ataukah berupa jasa. Kedua-duanya harus mempunyai ciri khas dan memberikan
kepuasan bagi konsumen.
Produk dapat terdiri dari product variety, quality,
design, feature, brand name, packaging, sizes, services, warranties, and
returns.
- Price (Harga)
Price adalah adalah suatu sistem manajemen perusahaan yang
akan menentukan harga dasar yang tepat bagi produk atau jasa dan
harus menentukan strategi yang menyangkut potongan harga, pembayaran ongkos
angkut dan berbagi variabel yang bersangkutan.
Harga yang kita tawarkan harus terjangkau oleh konsumen sesuai
dengan kualitas yang kita tawarkan. Bagi konsumen harga adalah suatu hal yang
paling sensitif, semua orang menginginkan harga yang rendah dengan kualitas
produk yang bagus.
- Place (Tempat)
Place adalah berbagai kegiatan perusahaan untuk membuat
produk yang dihasilkan atau dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar
sasaran. Tempat meliputi antara lain channels, coverage, assortments,
locations, inventory, and transport.
Untuk bisnis kecil, menengah, maupun besar, permasalahan
tempat tetap menjadi perhatian serius. Untuk membuka suatu usaha kita harus
memilih tempat yang strategis, banyak dilalui orang, mudah dijangkau oleh
kendaraan, tidak harus di lokasi yang mahal. Memang banyak orang yang
mengatakan, apabila produk kita berkualitas, dan memberikan persepsi positif,
kesan yang baik pada konsumen, di manapun lokasinya pasti akan dicari konsumen.
Tetapi tetap akan lebih baik apabila kita memperhatikan dengan serius masalah
tempat ini. Coba kita perhatikan KFC, Mc Donald, itu adalah perusahaan besar
skala internasional, tetapi masih tetap menggunakan lokasi yang strategis dan
mudah terjangkau ini.
- Promotion (Promosi)
Promotion adalah kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan
dan memperkenalkan produk pada pasar sasaran. Variabel promosi
meliputi antara lain sales promotion, advertising, sales force, public
relation, and direct marketing.
Untuk urusan promosi harus tetap kita lakukan, tidak perduli
apakah bisnis kita baru mulai atau sudah berjalan lama, gunanya adalah untuk
menginformasikan secara terus menerus kepada konsumen untuk membeli dan membeli
lagi produk kita.
- People (Orang)
People adalah semua pelaku yang memainkan peranan penting
dalam penyajian produk dan jasa sehingga dapat mempengaruhi persepsi pembeli. Elemen
dari orang adalah pegawai perusahaan, konsumen, dan konsumen lain. Semua sikap
dan tindakan karyawan, cara berpakaian karyawan dan penampilan karyawan
memiliki pengaruh terhadap keberhasilan penyampaian produk dan jasa.
7P
(Commercial)
Namun dalam pengembangannya 4 komponen Bauran Pemasaran (marketing
mix) mengalami perkembangan. Pakar marketing yaitu Lovelock dan Wright
mengembangkan bauran pemasaran (marketing mix) menjadi integrated
service management dengan menggunakan pendekatan 7P, yaitu: product
elements; place, cyberspace, and time; promotion and education; price and other
user outlays; process; people; and physical evidence.
- Product Elements
Product elements adalah semua komponen dari kinerja layanan yang menciptakan
nilai bagi pelanggan. Produk yang ditekankan dalam bauran pemasaran ialah
barang atau jasa yang anda jual. Apabila anda menjual barang tentunya harus
memiliki kualitas yang baik sehingga dapat memenuhi dan memuaskan kepuasan
konsumen anda. Jika yang anda jual adalah jasa tentu dalam penyedianya
memberikan manfaat yang dibutuhkan oleh konsumen anda.
- Place Cyberspace, and Time
Place, cyberspace, and time adalah keputusan manajemen mengenai
kapan, dimana, dan bagaimana menyajikan layanan yang baik kepada
pelanggan. Tempat yang strategis nyatanya mampu memberikan keuntungan bagi
barang atau jasa yang anda tawarkan. Lokasi yang tepat juga mampu mengurangi
biaya marketing yang tak bisa dibilang murah. Selain lokasinya ternyata
dekorasi dan desain dari outlet anda juga menarik para pembeli untuk membeli
produk atau memakai jasa yang ditawarkan. Menurut penelitian yang didasaran
dari survei efektif mengatakan bahwa area pemasaran berperan penting sebelum
anda menentukan lokasi pemasaran.
- Promotion and Education
Promotion and education adalah semua aktivitas komunikasi dan perancangan insentif
untuk membangun persepsi pelanggan yang dikehendaki perusahaan atas
layanan spesifik yang perusahaan berikan.
Tujuan dari promosi ini beragam diantaranya ialah memotivasi
dan mengajak konsumen untuk membeli produk, memberikan informasi kepada
konsumen tentang adanya peningkatan kualitas dari produk anda, identifikasi
serta mencari konsumen baru, peningkatan jumlah konsumen dan menginformasikan
produk baru.
- Price and Other User Outlays
Price and other user outlays adalah pengeluaran uang, waktu, dan
usaha yang pelanggan korbankan dalam membeli dan mengkonsumsi produk dan
layanan yang perusahaan tawarkan dan sajikan.
Penetapan harga ini juga mempengaruhi pendapatan dan tingkat
keuntungan yang anda dapatkan. Tentukan harga sesuai sasaran yang anda tuju,
tingkat pelayanan yang anda berikan serta perlu memperhatikan persaingan dengan
kompetitor sejenis.
- Process
Process
adalah suatu metode pengoperasian atau serangkaian tindakan yang diperlukan
untuk menyajikan produk dan layanan yang baik kepada pelanggan. Perusahaan
yang menawarkan jasa perlu memperhatikan proses dalam menyampaikan jasa itu
sendiri. Hal ini dikarenakan mutu layanan jasa akan sangat dirasakan konsumen
saat proses penyampaian jasa tersebut. Disinilah karyawan berperan penting dan
memerlukan kopetensi, komitmen serta loyal terhadap perusahaan sehingga mampu
memberikan pelayanan yang maksimal. Untuk memotivasi karyawan anda bisa
memberikan fasilitas kepada karyawan berupa rekreasi, tempat kerja yang nyaman
hingga berbagai bonus.
- Physical Evidence
Physical evidence adalah perangkat-perangkat yang diperlukan dalam menyajikan
secara nyata kualitas produk dan layanan. Dalam physical evidence bangunan
menjadi salah satu bentuk fisik serta karakter yang mampu menarik konsumen. Hal
ini bisa menjadi poin tambah tersendiri bagi perusahaan yang bergerak di bidang
jasa. Tak heran jika anda kerap menemukan perusahaan yang sangat memperhatikan
interior, perlengkapan bangunan, tata ruang yang lapang hingga lighting system
yang dapat mempengaruhi mood pengunjung. Bagi perusahaan jasa yang memiliki
sasaran tertentu bangunan juga dibuat agar mampu memberikan suasana ambience
sehingga pengunjung memiliki pengalaman tersendiri.
- People
People
adalah pelanggan dan karyawan yang terlibat dalam kegiatan memproduksi produk
dan layanan (service production). People yang dimaksud
disini ialah karyawan yang memiliki kinerja tinggi sehingga mampu memberikan
pelayanan yang memuaskan dan menjaring konsumen setia. Kemampuan karyawan
tentunya berpengaruh dalam memberikan pelayanan kepada konsumen. Tidak hanya
pengetahuan namun juga karakter karyawan itu sendiri perlu diperhatikan. Hal
ini dikarenakan karyawanlah juga menjadi mediator antara perusahaan dengan
konsumen anda. Oleh karena itu ketika merekrut karyawan anda perlu melihat
penampilan karyawan, suara, tutur kata, body language dan ekspresi wajah serta
tentunya pengetahuan karyawan itu sendiri.
Strategi
Pemasaran
Ada tiga elemen dalam strategi pemasaran yaitu segmentation,
targeting dan positioning. Segmentasi pada dasarnya adalah suatu strategi untuk
memahami struktur pasar. Sedangkan targeting adalah persoalan bagaimana
memilih, menyeleksi dan menjangkau pasar. Setelah pasar sasaran dipilih, maka
proses selanjutnya adalah melakukan positioning.
STP
(Segmentation, Targeting, Postioning)
- Segmentation (Segmentasi Pasar)
Segmentation adalah proses dimana anda sebagai seorang pemasar
mengkategorikan, mengklasifikasikan, menggolongkan semua target potensial
produk yang akan dipasarkan. Segmentasi pasar adalah membagi pasar menjadi
bagian-bagian berdasarkan pembeli dan kebutuhan, karakteristik atau
perilakunya, dsb.
Sebelumnya kita terlebih dahulu memilih konsumen yang akan
menjadi segmen pasar kita berdasarkan faktor geografis seperti tempat
tinggal, wilayah kota, negara, regional, dan juga faktor cuaca, faktor
demografis seperti usia, gender, profesi, penghasilan, pendidikan, dll,
faktor psikografis seperti status sosial dan gaya hidup, dan
faktor perilaku seperti sikap, frekuensi pemakaian, dan respon terhadap produk
atau jasa).
- Targeting (Penentuan Pasar Sasaran)
Setelah perusahaan mengidentifikasi peluang segmen pasar,
selanjutnya adalah mengevaluasi beragam segmen tersebut untuk memutuskan segmen
mana yang menjadi target market. Dalam mengevaluasi segmen pasar yang berbeda
perusahaan harus melihat dua faktor yaitu daya tarik pasar secara keseluruhan
serta tujuan dan resource perusahaan.
Perusahaan harus melihat apakah suatu segmen potensial
memiliki karakteristik yang secara umum menarik seperti ukuran, pertumbuhan,
profitabilitas, skala ekonomi, resiko yang rendah dan lain-lain. Perusahan juga
perlu mempertimbangkan apakah berinvestasi dalam segmen tersebut masuk akal
dengan mempertimbangkan tujuan dan sumber daya perusahaan.
Setelah memilih segmen pasar, selanjutnya kita fokus pada
kelompok konsumen atau segemen pasar yang akan dituju, tetapi bukan berarti
kelompok konsumen itu saja yang bisa memanfaatkan atau membeli produk kita,
tidak menutup kemungkinan juga pembeli produk kita dari luar kelompok konsumen
yang kita tuju tersebut.
- Positioning (Penempatan Produk)
Apabila target pasar (penempatan produk) sudah jelas, positioning
adalah bagaimana kita menjelaskan posisi produk kepada konsumen. Apa beda
produk kita dibandingkan kompetitor dan apa saja keunggulannya. Menurut Don
E.Schwitz, positioning adalah bagaimana untuk meningkatkan sekaligus
menempatkan produk yang kita buat terhadap pesaing kita dalam pikiran konsumen,
dengan kata lain positioning dipakai untuk mengisi dan memenuhi keinginan
konsumen dalam kategori tertentu.
Referensi:
https://distribusipemasaran.com/bauran-pemasaran-selayang-pandang/
(Tanggal akses: Kamis, 8 November 2018 jam 16.00)
http://berani-bisnis.blogspot.com/2011/06/strategi-pemasaran.html
(Tanggal akses: Kamis, 8 November 2018 jam 16.36)
http://pengertian-skripsi.blogspot.com/2011/02/pengertian-bauran-pemasaran.html
(Tanggal akses: Kamis, 8 November 2018 jam 16.54)
https://tulisanterkini.com/artikel/artikel-ilmiah/7588-pengertian-bauran-pemasaran.html
(Tanggal akses: Kamis, 8 November 2018 jam 17.06)
http://ptpn10.co.id/blog/penerapan-strategi-stp-segmenting-targeting-and-positioning-untuk-mereduksi-bargaining-position-of-supplier-petani-bagi-pengembangan-tebu-di-madura-bagian-i
(Tanggal akses: Kamis, 8 November 2018 jam 17.28)
https://thidiweb.com/penerapan-strategi-pemasaran-stp/
(Tanggal akses: Kamis, 8 November 2018 jam 17.32)
http://ameliayoniawati.blogspot.com/2017/11/5p-dan-7p-dalam-bauran-pemasaran.html
(Tanggal akses: Kamis, 8 November 2018 jam 19.10)
https://www.carajadikaya.com/bauran-pemasaran-7p/
(Tanggal akses: Kamis, 8 November 2018 jam 19.34)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar